Gunakan Dana Desa Senilai 180 juta, PLT kades Jati Belarik Laksanakan Proyek Jalan Buntu

indonesiasatu, 26 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Tebo-desa jati belarik kecamatan sumay kabupaten tebo,tengah melaksanakan proyek pembukaan dan pengerasan jalan sepanjang 1400 meter. dengan menggunakan dana desa tahap 1 senilai 180 juta rupiah.

Namun ada yang janggal dalam pembangunan jalan tersebut, pasalnya salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya mengeluhkan proyek ini, diduga pembangunan jalan ini tidak ada manfaat bagi masyarakat karena jalan tersebut buntu dan tidak ada pemukiman warga. 

Selain buntu,namun pembukaan jalan ini  diduga ada kepentingan oknum tertentu.pasalnya jalan yang dibuka tersebut merupakan jalan menuju kebun yang bukan milik warga desa setempat. 

Pelaksana tugas ( PLT ) kepala desa jati belarik abdul murad ketika dikonfirmasi melalui telfon seluler,membenarkan pembukaan dan pengerasan jalan buntu tersebut, menurut dia proyek yang menggunakan dana desa ini dilaksanakan setelah adanya musyawarah desa. 

Sebelumnya murad juga mengakui bahwa dalam proyek tersebut baru mengeluarkan dana senilai 15 juta untuk sewa alat berat. 

"Iya jalan yang dibuka ini jalan buntu tapi ada kebun didalamnya. Sebelum dilaksanakan proyek ini sudah dilakukan musyawarah desa. Jalan proyek ini baru mengeluarkan dana 15 juta itupun dana pinjam dari silva, tegas murad'. 

Sementara itu pernyataan yang berbeda  diberikan oleh sekretaris desa ( sekdes ).amrizon ketika dikonfirmasi beberapa media dikediaman nya rt 03 jati belarik.menurut ambrizon pembukaan dan pengerasan jalan tersebut sudah memakan dana senilai 70 juta yang barsal dari dana desa tahap 1 dan diurus langsung oleh murat selaku pelaksana tugas kepala desa. 

" iya tahap pertama kades mencairkan dana senilai 20 juta katanya untuk sewa alat berat,kemudian selang waktu beberapa minggu kades kembali mencairkan dana senilai 50 juta dengan tujuan yang sama katanya untuk sewa alat berat.pencairan dana yang 50 juta tersebut kades langsung berurusan dengan bendahara sementara saya hanya dikasih kabar lewat telfon".

Amrizon juga mengatakan kepada rekan media bahwa jika pembukaan dan pengerasan jalan buntu yang dianggap kurang bermanfaat bagi msyarakat setempat dan dianggap salah, maka dirinya siap untuk menghentikan kegiatan tersebut. ( erwin ) 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu
Media Redaksi

solmi

solmi.journalist.id